Operasi Helikopter AS Bunuh Senior ISIS di Suriah

Forumterkininews.id, Damaskus- Pasukan Amerika Serikat telah membunuh seorang pemimpin senior kelompok ISIL (ISIS) di Suriah dalam operasi helikopter.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Abd-al-Hadi Mahmud al-Haji Ali adalah target utama dari serangan helikopter sepihak yang dilakukan pada Senin, (17/4)  pagi.

Pernyataan tersebut menggambarkan dia sebagai pemimpin dan perencana operasional yang bertanggung jawab untuk merencanakan serangan teror di Timur Tengah dan Eropa.

Baca Juga : AS Tewaskan Petinggi ISIS, Biang Kerok Bom di Eropa

“Penggerebekan Senin terjadi setelah intelijen mengindikasikan ISIL berencana untuk menculik pejabat di luar negeri,” kata CENTCOM dikutip Aljazeera.

Dua anggota lain dari kelompok itu juga tewas, kata pernyataan itu. Namun CENTCOM tidak memberikan perincian lain tentang operasi tersebut.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan operasi pada hari Senin menargetkan sebuah bangunan di al-Suwaydah. Sebuah desa sekitar 25 km (15 mil) barat kota Jarablus di perbatasan utara Suriah dengan Turki.

Serangan itu terjadi dua minggu setelah serangan AS di Suriah menewaskan pemimpin senior ISIS lainnya, Khalid Aydd Ahmad al-Jabouri, menurut pejabat AS.

ISIS menguasai sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah dari 2014 hingga kekalahan teritorialnya pada akhir 2017.

Kelompok bersenjata itu kehilangan benteng terakhirnya pada 2019, tetapi pejuang ISIS terus melakukan serangan mematikan di Suriah dan Irak.

Artikel Terkait