P20 Hasilkan Komitmen Ciptakan Perdamaian Dunia

Forumterkininews.id, Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani bicarakan hasil pertemuan Parliamentary 20 (P20). Dia mengatakan parlemen negara anggota G20 berkomitmen untuk bersama-sama menciptakan perdamaian dunia.

“Dari hasil diskusi, semua (parlemen) negara G20 dan tamu-tamu dari negara lain yang ikut datang pada kesempatan ini, berkomitmen bagaimana kita bisa bekerja bersama menciptakan perdamaian dunia,” ujar Puan dalam konferensi pers di Gedung DPR, Jumat (7/10).

Pertemuan P20 lanjutnya, juga menyepakati bahwa parlemen-parlemen anggota G20 dan para delegasi yang hadir berkomitmen memberikan harapan baru bagi dunia.

Harapan bahwa mereka akan mengupayakan dunia dengan kesejahteraan sosial tanpa adanya perbedaan antara pihak kaya dan miskin.

Disampaikan Puan, kesepakatan-kesepakatan itu diperoleh dari pertemuan P20 selama dua hari yang mendiskusikan empat topik pembahasan.

Empat topik tersebut adalah ekonomi hijau; ketahanan pangan dan energi; mengefektifkan peran parlemen dan demokrasi; serta inklusi sosial, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan.

Selain itu, pertemuan P20 juga dihadiri 19 ketua parlemen dan hampir 59 head of delegations.

“Hasil dari diskusi tersebut, baik berupa saran, masukan, pendapat, maupun komitmen telah dicatat DPR RI untuk dijadikan sebagai satu kesimpulan,”jelas Puan.

Untuk selanjutnya, semua masukan dan pendapat serta komitmen yang dihasilkan dalam P20 telah dicatat DPR RI. Yang nantinya, akan menjadi satu kesimpulan.

“Kesimpulan itu akan dibentuk dalam sesi khusus untuk kemudian disampaikan dalam G20 yang akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali,”tutupnya.

Artikel Terkait