P20: Perdamaian Ukraina jadi Prioritas Utama Parlemen

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, hubungan bilateral Indonesia-Ukraina selama 30 tahun ini tetap berjalan baik di tengah situasi kawasan yang terus memanas akibat perang.

Dijelaskan Puan, karena melihat hal itulah proses perdamaian adalah prioritas utama Indonesia saat ini.

“Kunjungan Presiden Indonesia ke Ukraina dan Rusia pada bulan Juni dilakukan untuk membawa pesan perdamaian. Kunjungan tersebut juga mempromosikan safe passage untuk pangan dan pupuk dari dan ke Ukraina dan Rusia,” kata Puan saat bilateral meeting dengan Deputy Chairman of The Verkhovna Rada of Ukraine, Olena Kondratiuk dalam rangkaian P20, Rabu (5/10).

Puan menambahkan, Indonesia menyambut baik dimulainya kembali ekspor biji-bijian dari Ukraina di bawah The Black Sea Initiative.

Perjanjian ini, juga memainkan peran penting dalam mengurangi dampak perang terhadap rantai pasokan global. Sehingga ia berharap inisiatif tersebut dapat membawa perdamaian di Kawasan.

“Indonesia mendorong Rusia dan Ukraina tetap membuka jalur dialog dan diplomasi. Ini sebagai salah satu upaya menghentikan perang dan menuju perdamaian,” tandasnya.

Oleh karena itu, menurutnya Parlemen juga harus berperan dalam membantu menyelesaikan perang di Ukraina.

“Saya bersedia membantu menjembatani komunikasi antara pihak yang bertikai. IPU Task Force on Ukraine juga dapat digunakan untuk menjembatani perbedaan antara Rusia dan Ukraina. Juga menjembatani komunikasi antara Rusia dan Ukraina,” pungkas Puan.

Artikel Terkait