Tiga Capres Dipastikan Hadiri Paku Integritas KPK 17 Januari

FTNews – Tiga kandidat capres 2024 dipastikan bakal menghadiri acara Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas) oleh Komisi Pembertantasan Korupsi (KPK), 17 Januari mendatang.

Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani, memastikan bahwa capres nomor 2 itu akan menghadiri acara yang telah memberikan undangan resmi.

“Tentunya undangan resmi, beliau akan Insya Allah hadir,” ujar Rosan di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (12/1).

Sejalan, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga mengatakan siap hadir untuk berbagi pengalaman dengan paslon lainnya soal pemberantasan korupsi.

“Oh siap. Waktu saya 2013, sebagai cagub saya kira itu untuk pertama kali KPK datang kepada para kandidat.” tutur Ganjar, Rabu (9/1).

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan juga memastikan akan hadir dalam acara tersebut.

“Ya dateng lah,” ujar Anies singkat usai dialog dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (11/1) malam.

Paku Integritas

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri juga  telah mengonfirmasi ketiga paslon bakal menghadiri acara ini.

Kata Ali, KPK  ingin membentuk komitmen bersama dalam kerja-kerja pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Ini membangun komitmen bersama, masing-masing berkesempatan menyampaikan komitmennya. Hadir juga dari KPU dan Bawaslu, karena dalam mengawal proses demokrasi, KPK juga memiliki agenda tentang Hajar Serangan Fajar untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung,” ujar Ali di gedung KPK, Selasa (9/1).

KPK sendiri telah menyelenggaralan Paku Integritas sejak 2021. Dalam acara itu, para pasangan calon bakal menyampaikan komitmen mereka dalam pemberantasan korupsi sekaligus menandatangani pakta integritas.

Artikel Terkait