Parlemen Thailand Resmi Bubar Jelang Pemilu

Forumterkininews.id, Bangkok- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah mengesahkan dekrit untuk membubarkan parlemen. Menurut pengumuman di Royal Gazette pada Senin (20/3), jelang Pemilu pada Mei mendatang.

“Ini adalah pengembalian kekuasaan pengambilan keputusan politik kepada rakyat dengan cepat. Untuk melanjutkan pemerintahan yang demokratis dengan Raja sebagai kepala negara,” demikian bunyi dekrit yang dipublikasikan pada Senin dikutip Reuters.

Tanggal pemilihan sendiri belum diumumkan. Tetapi Wakil Perdana Menteri Wissanu Krea-ngam pada hari sebelumnya mengatakan kemungkinan akan diadakan pada 14 Mei. Hal ini jika parlemen dibubarkan pada hari Senin.

Pemilu Thailand diperkirakan akan menunjukkan pertarungan politik yang telah berlangsung lama. Antara keluarga miliarder Shinawatra dan kelompok pro-militer konservatif negara itu.

Paetongtarn Shinawatra, putri dan keponakan masing-masing dari mantan perdana menteri Thaksin dan Yingluck Shinawatra, adalah kandidat terdepan untuk menjadi perdana menteri dalam survei opini, dengan dukungannya melonjak 10 poin menjadi 38,2 persen dalam jajak pendapat yang dirilis pada akhir pekan.

Jajak pendapat oleh National Institute of Development Administration (Nida) menempatkan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, yang berkuasa sejak kudeta 2014 terhadap pemerintah Pheu Thai, di tempat ketiga dengan 15,65 persen.

Paetongtarn pada hari Jumat mengatakan dia yakin akan memenangkan pemilihan dengan telak, dengan tujuan untuk mencegah setiap manuver politik terhadap partainya, yang sebelumnya telah dicopot dari jabatannya oleh keputusan pengadilan dan kudeta militer.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...