Partai Republik Calonkan Steve Scalise jadi Ketua DPR AS

Forumterkininews.id, Washington- Partai Republik mencalonkan Steve Scalise sebagai calon ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Rabu, (11/10).

Melansir CNA, partai ini berada dalam keterpurukan sejak segelintir kelompok garis keras mengusir Ketua DPR AS sebelumnya, Kevin McCarthy delapan hari lalu.

Scalise, wakil lama McCarthy, mengalahkan ketua Komite Kehakiman Jim Jordan dengan selisih 113 suara berbanding 99 suara. Hasil ini memberikan pukulan telak bagi calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, yang mendukung kandidat Ohio yang kalah.

“Kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tidak hanya di DPR untuk rakyat negara ini. Tapi kami melihat betapa berbahayanya dunia ini. Dan bagaimana segala sesuatunya bisa berubah begitu cepat,” kata Scalise, 58 tahun, kepada wartawan.

“Kita perlu memastikan bahwa kita mengirimkan pesan kepada masyarakat di seluruh dunia, bahwa DPR terbuka dan menjalankan urusan masyarakat.”imbuhnya.

Kemenangan hari Rabu menandai perubahan haluan yang menakjubkan bagi Scalise, hanya satu bulan setelah dia kembali bekerja usai mengidap kanker darah dan menjalani kemoterapi.

Penduduk asli Louisiana ini menjalani operasi lima tahun lalu karena luka tembak di pinggul dalam serangan di latihan bisbol dekat Washington.

Artikel Terkait