Pasukan Rusia Duduki Pelabuhan Strategis Ukraina

Forumterkininews.id, Kiev – Pasukan Rusia merebut pelabuhan strategis Ukraina dan mengepung wilayah lain sejak invasi negara itu yang dimulai Kamis, (24/2).

Melansir AP, militer Rusia mengatakan telah menguasai wilayah Kherson, Kamis (3/3). Hal ini dikuatkan dengan pejabat lokal Ukraina yang mengkonfirmasi. Dimana dikatakan bahwa pasukan Rusia telah mengambil alih markas pemerintah lokal di pelabuhan Laut Hitam. Dimana wilayah ini berpenduduk 280.000 jiwa. Kherson menjadi kota besar pertama yang jatuh sejak invasi dimulai seminggu yang lalu.

Di tempat lain, Rusia menekan serangan mereka di berbagai lini. Meskip barisan tank dan kendaraan berat lain tampaknya terhenti selama di luar ibu kota Kiev.

Pertempuran sengit berlanjut di pinggiran kota pelabuhan strategis lainnya di Laut Azov, Mariupol, yang menjadikan wilayah itu berada dalam kegelapan, isolasi, dan ketakutan.

Listrik dan sambungan telepon sebagian besar mati, dan rumah-rumah serta toko-toko menghadapi kekurangan makanan dan air. Tanpa koneksi telepon, petugas medis tidak tahu ke mana harus membawa yang terluka.

Hanya dalam tujuh hari pertempuran, lebih dari 2% penduduk Ukraina telah dipaksa keluar dari negara itu, menurut penghitungan badan pengungsi PBB seperti dilansir The Associated Press.

Sebelumnya Rusia juga telah menyerang obyek vital Ukraina, Jumat pagi waktu setempat. Obyek vital yang diserang Rusia adalah pembangkit listrik tenaga nuklir di Zaporizhzhia. Dimana pembangkit ini merupakan yang terbesar di Eropa. Kemudian, Tentara Rusia menembaki PLTN Zaporizhzhia dari semua sisi.

Artikel Terkait