Paus Francis Pimpin Pemakaman Mantan Paus Benekdiktus di Vatikan

Forumterkininews.id, Vatikan – Puluhan ribu pelayat berkumpul Kamis (5 Januari) untuk pemakaman mantan Paus Benediktus XVI di Vatikan. Pemakaman dipimpin oleh penggantinya Paus Francis dalam acara yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern.

Jenazah teolog Jerman, yang pada 2013 menjadi paus pertama dalam enam abad yang mengundurkan diri, dibaringkan di peti mati cemara sederhana di depan Basilika Santo Petrus, di mana jenazahnya nantinya akan diletakkan di ruang bawah tanah.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, prosesi dipimpin oleh seorang paus yang sedang duduk, Fransiskus, yang akan menyampaikan homili.

Di kedua sisi peti mati duduk para kardinal berpakaian merah dan pejabat dari seluruh dunia, di antaranya kepala negara termasuk Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Puluhan ribu anggota masyarakat juga hadir, banyak dari mereka mengantri sebelum fajar untuk memberikan penghormatan kepada Benediktus, yang meninggal Sabtu lalu dalam usia 95 tahun.

“Benediktus sedikit mirip dengan ayah saya, jadi saya harus memberi penghormatan kepadanya,” kata Cristina Grisanti, seorang wanita berusia 59 tahun dari Milan, yang memuji kemurnian, keterusterangan, dan kelembutan mantan paus itu.

Banyak orang Jerman juga berada di kerumunan, memberikan penghormatan kepada paus pertama Jerman dalam 1.000 tahun, yang pemakamannya ditandai dengan dering lonceng gereja di seluruh negeri.

Diperkirakan 195.000 tamu telah memberikan penghormatan selama tiga hari berbaring di basilika, kata Vatikan, sementara hingga 100.000 orang diperkirakan akan menghadiri pemakaman hari Kamis.

Benediktus akan dimakamkan di sebuah makam di ruang bawah tanah di bawah basilika, di mana tubuh Yohanes Paulus II terbaring sebelum dipindahkan untuk beatifikasi pada tahun 2011. Dia diangkat menjadi orang suci pada tahun 2014.

Artikel Terkait