Paus Fransiskus Beri Penghormatan untuk Jurnalis yang Tewas di Ukraina

Forumterkininews.id, Kiev – Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada wartawan yang terbunuh selama perang Ukraina dengan mengatakan dia berharap Tuhan membalas mereka karena melayani kebaikan bersama.

Berbicara kepada wartawan di atas pesawat yang kembali dari Malta, Paus Fransiskus juga mengulangi bahwa dia siap melakukan perjalanan ke ibukota Ukraina, Kiev.

“Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya untuk rekan-rekan anda yang gugur, dari pihak mana pun mereka berasal,” katanya kepada wartawan, Minggu (3/4)  dikutip AP.

“Pekerjaan anda adalah pekerjaan untuk kebaikan bersama. Mereka telah jatuh dalam pelayanan informasi yang baik. Jangan lupa bahwa mereka berani. Saya berdoa untuk mereka, saya berdoa agar Tuhan memberi penghargaan atas pekerjaan mereka,” tandas pemimpin Vatikan itu.

Setidaknya enam wartawan kini tewas sejak pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari. Mereka tewas terkena serangan saat berusaha meliput. Sejumlah tokoh dunia telah menyerukan keprihatinan terhadap peristiwa itu termasuk Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus secara implisit mengkritik Putin atas invasi tersebut, dengan mengatakan seorang ‘penguasa’ mengobarkan konflik untuk kepentingan nasionalis.

Paus Fransiskus mengecam agresi Rusia ke Ukraina. Menurutnya dengan alasan apapun, agersi tidak dapat dibenarkan. Meski demikian Paus tidak menyebut Rusia secara langsung.

Artikel Terkait