Paus Fransiskus Berterima Kasih kepada Jurnalis Bongkar Skandal Seks Gereja

Forumterkininews.id, Roma-  Paus Fransiskus memberikan ucapan terima kasih kepada para jurnalis karena membantu mengungkap skandal pelecehan seksual para pastor yang awalnya coba ditutup-tutupi oleh Gereja Katolik Roma.

Melansir Asiaone,  Paus pada Minggu (15/11), memuji hal itu sebagai misi jurnalisme tersebut. Ia mengatakan, sangat penting bagi jurnalis untuk mengungkap kebenaran di dunia luar guna melawan informasi yang salah yang sering ditemukan secara online.

“Saya mengucapkan terima kasih atas apa yang anda katakan kepada kami tentang apa yang salah yang terjadi di Gereja. Dan telah membantu kami untuk tidak menyembunyikannya. Dan untuk suara yang Anda berikan kepada para korban pelecehan,” katanya.

Seperti diketahui, skandal pelecehan seksual menjadi berita utama pada tahun 2002, ketika harian AS The Boston Globe menulis serangkaian artikel yang mengungkap pola pelecehan anak di bawah umur oleh para pendeta dan budaya penyembunyian yang meluas di dalam Gereja.

Sejak itu, berbagai skandal telah mengguncang Gereja di banyak negara. Yang terbaru terjadi di Prancis , di mana penyelidikan besar menemukan pada bulan Oktober bahwa para pendeta Prancis telah melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari 200.000 anak selama 70 tahun terakhir.

Artikel Terkait