Pembakaran Alquran di Swedia Bikin Paus Fransiskus Marah

Forumterkininews.id, Dubai – Pembakaran Alquran Kembali terjadi di Swedia. Paus Fransiskus mengaku marah dengan aksi tersebut.

Paus mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Al Ittihad. Sebuah koran harian milik Abu Dhabi Media, organisasi media pemerintah Uni Emirat Arab.

“Kitab apapun yang dianggap suci harus dihormati sebagai bentuk penghargaan terhadap orang-orang yang mempercayai isi kitab tersebut,” kata Paus.

Dalam wawancara yang dirilis Senin (3/7), dia menyatakan bahwa aksi tersebut membuat dirinya marah.

“Kebebasan berbicara tidak sepatutnya digunakan untuk menghina pihak lain dan memperkenankan apa yang tidak pantas,” lanjut Paus.

Seorang pria migran asal Irak, Salwan Momika (37), merobek dan membakar sebuah Al Quran dengan tujuan untuk mengkritik Islam di depan sebuah masjid di Stockholm pada Rabu (28/6), bertepatan dengan perayaan Idul Adha.

Berbagai negara telah menyatakan bahwa mereka mengutuk keras aksi tersebut. Termasuk Turki, yang masih menolak upaya Swedia untuk masuk menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO).

Indonesia juga telah menyampaikan kecaman terhadap aksi tersebut. Kecaman yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui akun Twitter resmi institusi tersebut.

Kepolisian Swedia sebenarnya telah menolak beberapa pengajuan izin terkait aksi demo anti-Al Quran akhir-akhir ini. Tapi pihak pengadilan membatalkan keputusan kepolisian tersebut.

Artikel Terkait