Paus ke Putin: Atas Nama Tuhan, Hentikan Pembantaian Ini!

Forumterkikininews.id, Vatikan – Paus Fransiskus meminta Presiden Rusia Vladimir Putin menghentikan apa yang disebutnya sebagai pembantaian di Ukraina. Berbicara kepada ribuan orang di Lapangan Santo Petrus untuk pemberkatan hari Minggu, (13/3), Paus menggambarkan serangan Rusia di rumah sakit anak-anak dan warga sipil sebagai hal yang biadab.Pembunuhan anak-anak dan sipil tak bersenjata adalah tindakan “barbar”. Tak ada alasan strategis yang valid untuk penyerangan itu. Ia menyebut Kota Mariupol yang sedang dikepung Rusia sebagai kota martir.

Paus juga kembali meminta koridor kemanusiaan yang benar-benar aman, agar warga dapat melakukan evakuasi. “Atas nama Tuhan saya meminta anda hentikan pembantaian ini,” kata Paus.

Dia berdoa untuk mengakhiri pemboman dan serangan lainnya. Juga untuk memastikan bahwa koridor kemanusiaan aman dan terjamin. Komentarnya muncul usai serangkaian serangan terhadap rumah sakit, bangunan keagamaan dan daerah sipil di Ukraina.

Sebelumnya, Paus Fransiskus sudah mendatangi kedutaan Rusia di Vatikan, Jumat (25/2) lalu. Kedatangan orang nomor satu di Vatikan itu untuk menyampaikan keprihatinannya atas invasi Rusia ke Ukraina kepada duta besar Moskwa. Dalam dobrakan protokol diplomatik yang belum pernah dilakukan sebelumnya ini, Pemimpin Gereja Katolik Roma itu menghabiskan lebih dari setengah jam di kedutaan.

Artikel Terkait