PBB: 5 Juta Warga Ukraina Melarikan Diri Sejak Perang

Forumterkininews.id, Praha- Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menyebut jumlah orang yang melarikan diri dari Ukraina untuk menghindari invasi Rusia mencapai 5 juta. Ini adalah krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak akhir Perang Dunia II.

Data PBB menunjukkan 5,03 juta warga Ukraina telah meninggalkan negaranya pada Rabu (20/4).

Sebagian besar dari mereka menyeberang ke Uni Eropa melalui titik-titik perbatasan di Polandia, Slovakia, Hongaria, dan Rumania. Di mana sukarelawan dan pemerintah membantu sebagian besar pengungsi perempuan dan anak-anak mendapatkan dukungan. Terutama untuk masalah pekerjaan, akomodasi, dan keselamatan.

“Ketika Anda melihat jumlah pengungsi di Eropa tengah, jumlahnya belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Jakub Andrle, koordinator program migrasi di People in Need, kelompok bantuan yang berbasis di Praha, beroperasi di Ukraina.

“Penting juga untuk mengingat jumlahnya dapat meningkat dengan cepat dari hari ke hari tergantung pada situasi di lapangan,” tambahnya dikutip Reuters.

Lebih dari separuh pengungsi sudah memasuki Uni Eropa melalui Polandia. Di mana banyak yang memiliki keluarga dan koneksi lain yang tinggal di  di kawasan itu.

Di Eropa tengah dan timur, banyak penduduk bergegas ke perbatasan pada awal perang, membawa perbekalan bagi para pengungsi yang lelah, banyak dari mereka mengalami perjalanan panjang dan mengerikan menuju tempat yang aman.

Artikel Terkait