PBB Ajukan Dana Bantuan Terbesar Sepanjang Masa untuk Afghanistan

Forumterkininews.id, Kabul – PBB meminta dana bantuan untuk Afghanistan senilai US$4,5 Milyar. Ini adalah bantuan terbesar untuk satu negara yang pernah diajukan.

Selain itu, negara-negara Islam berjanji  membentuk dana perwalian kemanusiaan untuk Afghanistan. Hal itu disampaikan dalam pertemuan para menteri luar negeri dari Organisasi Kerjasama Islam di Islamabad, Pakistan, Minggu (19/12).

57 menteri dan pejabat setingkat menteri dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Pakistan sebagai tuan rumah mengajak negara-negara berpenduduk muslim lainnya membantu perekonomian Afghanistan.

Selain dihadiri negara-negara Islam, pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara besar, seperti China, Amerika Serikat, dan Rusia. Selain itu, hadir juga Presiden Islamic Development Bank (IDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser.

Melansir CNA, dana perwalian yang diumumkan oleh menteri luar negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi, akan didirikan di bawah naungan Bank Pembangunan Islam.

Tetapi tidak jelas berapa banyak dana yang akan ditampung dan pertemuan itu tidak memberikan pengakuan resmi kepada pemerintah Taliban.

Para pejabat Taliban sebelumnya telah meminta bantuan untuk membangun kembali ekonomi Afghanistan yang hancur dan memberi makan lebih dari 20 juta orang yang terancam kelaparan.

Beberapa negara dan organisasi kemanusiaan telah mulai memberikan bantuan, tetapi sistem perbankan negara yang hampir runtuh telah memperumit pekerjaan mereka.

Afghanistan menjadi negara miskin, setelah kawasan tersebut dikuasai Taliban. Dimana sebelumnya Amerika Serikat yang menduduki kawasan tersebut mulai berinvestasi di tanah Afghanistan.

Namun setelah Taliban berkuasa, Amerika Serikat menarik dan membekukan dana yang ada di Afghanistan. Bahkan akibat pembekuan dana tersebut, kemiskinan di Afghanistan mecapai tingkat darurat.

Menurut wakil UN dalam bidang kemanusiaan Martin Griffiths, negara-negara donor harus lebih fleksibel menyalurkan bantuannya, karena bantuan ini bukan cuma untuk donasi makanan warga. Tapi juga untuk membayar gaji para pekerja PNS di bidang kesehatan, pendidikan, listrik. Griffiths menambahkan, kemiskinan di Afghanistan mencapai 97% di tahun depan.

BACA JUGA:   Gagal Jadi Penengah PM Italia Mengundurkan Diri

Artikel Terkait