PBB Bakal Pangkas Bantuan Makanan Pengungsi Rohingya

Forumterkininews.id, Dhaka- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  berencana untuk memangkas bantuan makanan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan akan mengurangi nilai bantuan makanannya menjadi $10 per orang dari USD12 mulai bulan depan. Anggaran donor telah diregangkan oleh pandemi, penurunan ekonomi, dan krisis di seluruh dunia.

WFP meminta dana mendesak sebesar USD125 juta, memperingatkan dampak yang sangat besar dan bertahan lama terhadap ketahanan pangan dan nutrisi di kamp-kamp yang penuh dengan malnutrisi, di mana lebih dari sepertiga anak-anak terhambat pertumbuhannya dan kekurangan berat badan.

“Bahwa komunitas donor internasional sekarang menolak setengah juta anak Rohingya dan keluarga mereka benar-benar menunjukkan batas komitmennya terhadap beberapa orang yang paling rentan di dunia,” KATA Onno Van Manen, direktur negara Save the Children di Bangladesh , dikutip AP.

Sejauh ini, sekitar 730.000 Rohingya, sebagian besar minoritas Muslim yang teraniaya dari negara bagian Rakhine Myanmar, melarikan diri ke Bangladesh pada 2017.

Mereka pergi untuk menghindari tindakan keras tentara yang menurut PBB dilakukan dengan niat genosida.

Artikel Terkait