PBB Kutuk Langkah Rusia Caplok Willayah Ukraina

Forumterkininews.id, Moskow- Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  mengecam keras upaya pencaplokan ilegal Rusia atas empat wilayah Ukraina. PBB meminta semua negara untuk tidak mengakui langkah tersebut.

Melansir CNA, tiga perempat dari 193 anggota Majelis Umum – 143 negara – memberikan suara pada Rabu (12/10). Mereka mendukung resolusi yang juga menegaskan kembali kedaulatan, kemerdekaan, persatuan dan integritas wilayah Ukraina dalam batas-batas yang diakui secara internasional.

“Luar biasa,” kata Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya kepada wartawan setelah pemungutan suara saat dia berdiri di samping Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield.

Hanya empat negara yang bergabung dengan Rusia dalam pemungutan suara menentang resolusi tersebut yakni  Suriah, Nikaragua, Korea Utara, dan Belarusia.

Sedangkan tiga puluh lima negara abstain dari pemungutan suara, termasuk mitra strategis Rusia, China, sementara sisanya tidak memilih.

Sebelumnya, Rusia  pada bulan September memproklamirkan pencaplokannya atas empat wilayah yang diduduki sebagian di Ukraina.

Yakni Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia – setelah menggelar apa yang disebutnya referendum. Ukraina dan sekutunya mengecam pemungutan suara itu sebagai tindakan ilegal dan memaksa.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengecam hasil resolusi itu. Dia mengatakan kepada Majelis Umum menjelang pemungutan suara bahwa resolusi itu dipolitisasi dan secara terbuka diprovokatif.

Artikel Terkait