PBB Lanjut Kirimkan Bantuan Gempa ke Suriah

Forumterkininews.id, Damaskus- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melanjutkan pengiriman bantuan lintas batas ke Suriah Barat Laut setelah gempa besar melanda negara itu.

Melansir Xinhua, 22 truk yang membawa bantuan dari Program Pangan Dunia dan Badan Pengungsi PBB (UNHCR) melintasi persimpangan Bab Al-Hawa dari Türkiye pada Kamis, (16/2).

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric  mengatakan, dua truk tambahan membawa tenda yang disediakan oleh UNHCR melintasi perlintasan Bab Al-Salam.

Sementara di Suriah Barat Laut, kebutuhan tempat berlindung adalah prioritas utama di antara para pengungsi.

Titik penyeberangan Bab Al-Hawa diberi wewenang oleh Dewan Keamanan PBB untuk pengiriman bantuan lintas batas ke Suriah Barat Laut.

Setelah gempa bumi 6 Februari, Presiden Suriah Bashar al-Assad memutuskan untuk membuka dua titik persimpangan Bab Al-Salam dan Al Ra’ee dari Türkiye ke Suriah Barat Laut untuk periode awal tiga bulan. Hal ini untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan tepat waktu. bantuan.

Dujarric mengatakan banyak rumah runtuh setelah gempa bumi. Hingga Selasa, lebih dari 8.900 bangunan telah hancur atau rusak di Suriah Barat Laut, menyebabkan 11.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Prioritas lain, tentu saja, selain kebutuhan tempat tinggal dan makanan, adalah bantuan tunai dan perbekalan untuk mengatasi kondisi cuaca musim dingin yang keras.

Artikel Terkait