Bantu Pakistan, Pemerintah Indonesia Kirimkan Tenaga Medis

Forumterkininews.id, Jakarta – Masyarakat Pakistan sedang dilanda bencana. Pemerintah Indonesia bersama organisasi kemasyarakatan maupun LSM siap mengirimkan bantuan.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia juga akan mengerahkan sejumlah tenaga kesehatan untuk memberi pelayanan medis memenuhi permintaan dari pemerintah Pakistan.

“Pemerintah telah menyiapkan satu unit pesawat untuk keperluan tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan melakukan penambahan apabila dibutuhkan,” kata Muhadjir, dilansir dari Antara, Senin (26/9).

“Jadi di samping bantuan dari pemerintah yang sekarang ini akan kita kirim, nanti juga akan ada bantuan dari organisasi kemasyarakatan termasuk NGO yang sudah disiapkan satu pesawat.”

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya masih menerima bantuan apabila ada organisasi kemasyarakatan yang ingin menitipkan untuk warga Pakistan hingga tanggal 3 Oktober tersebut.

Bantuan-bantuan tersebut bisa dititipkan melalui Kemenko PMK maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sekali lagi kita masih terbuka untuk menerima bantuan dari elemen masyarakat, organisasi kemasyarakatan, termasuk NGO. Dan nanti kalau satu pesawat itu kurang, bisa kita tambah lagi,” ucap Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodomengirimkan  bantuan kemanusiaan senilai satu juta dolar AS untuk meringankan warga Pakistan.

Pakistan sudah dilanda banjir dan tanah longsor semenjak akhir Agustus lalu yang menimbulkan dampak luas bagi masyarakat setempat.

Seperti kerusakan lahan pertanian, sekolah, rumah, dan juga infrastruktur, serta memaksa sekitar 800 ribu orang mengungsi.

Pemerintah Pakistan telah mengumumkan keadaan darurat dan mengerahkan militer untuk menangani bencana besar.

Bencana tersebut diakibatkan hujan deras dan curah hujan tinggi itu. Beberapa provinsi di Pakistan yang terdampak parah di antaranya Provinsi Balochistan dan Khyber Pakhtunkhwa.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

14 Negara Bela Israel Tolak Resolusi PBB ke Palestina

FT News – Sebanyak 14 negara membela Israel dan...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...