Pemilu 2024: Polda Metro Jaya Siap Amankan 65.495 TPS

FTNews – Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto meminta kepada anggotanya agar waspada terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal ini ia ungkapkan saat menggelar apel Pengecekan Petugas BKO Pengamanan TPS, di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (30/1).

“Tentunya personil yang akan melaksanakan pengamanan Pemilu tidak semua mempunyai pengalaman yang cukup. Kita perlu mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas sebelum, pada saat, dan setelah perhitungan suara dilakukan,” kata Suyudi. 

Ia pun memerintahkan anggotanya tetap bertugas sesuai pembagian yang pihaknya berikan. Hal ini guna mengamankan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara sampai selesai dalam situasi yang aman dan kondusif.

“Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masing-masing personel memahami tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Serta memahami bagaimana rangkaian prosedur dan keamanan di lokasi TPS,” jelas Suyudi.

Kemudian Suyudi meminta agar anggota selalu melaporkan kondisi di tempatnya bertugas serta tidak memberikan tindakan yang berlebihan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Segeralah laporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan. Jika terjadi peningkatan eskalasi di lapangan dan jangan sampai melakukan tindakan yang berlebihan atau excessive power,” jelas Suyudi.

Ilustrasi tempat pemungutan suara. Foto: Info Publik

Jaga Netralitas

Selanjutnya ia berpesan kepada anggotanya untuk tetap menjaga netralitas. Jauhi tindakan yang mendiskreditkan atau keberpihakan ke salah satu pasangan calon atau partai politik.

“Hindari juga tempat yang sekiranya adalah bagian dari unsur pemenangan salah satu paslon,” tegas Suyudi.

Selain itu dalam pengamanan ini nantinya pihak kepolisian berkoordinasi dengan TNI, stakeholder terkait, serta elemen masyarakat untuk meredam naiknya suhu politik di masing-masing lokasi TPS.

“Analisa dan mapping tps tempat kita bertugas. Pahami kerawanan dan potensi gangguan di setiap lokasi TPS tersebut. Koordinasi selalu dengan petugas di TPS, jangan lakukan langkah-langkah kontraproduktif yang dapat menyudutkan institusi,” ungkap Suyudi.

BACA JUGA:   Tembakan Keras Kambuaya Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Thailand

Para personel pengamanan Pemilu 2024 akan Polda Metro Jaya sebar ke 65.495 titik yang terbagi menjadi tiga kategori. Yakni TPS kurang rawan sebanyak 63.854, TPS rawan 1.548, dan TPS sangat rawan 53 titik.

“Saya ingatkan untuk benar-benar serius menjalankan tugas dan tanggung jawab di TPS. Karena kalau Pemilu tidak sukses, itu adalah salah kita semua sebagai stakeholder dalam mengawal pesta demokrasi 2024,” ungkap Suyudi.

Artikel Terkait

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...