Pemimpin Eropa Minta G20 Desak Rusia Akhiri Perang

Forumterkininews.id, Bali - Presiden Dewan Eropa Charles Michel mendesak kekuatan global negara G20  untuk mengintensifkan tekanan pada Rusia agar mengakhiri perang di Ukraina.

“Perang sembilan bulan yang dilakukan Rusia, anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah mengganggu kehidupan di seluruh dunia. Karena harga pangan dan energi melonjak dan ekonomi stagnan,” kata Michel kepada wartawan di Bali, Selasa (15/11).

Michel menyebut, perang Rusia memengaruhi seluruh dunia, dari Eropa hingga Afrika bahkan Timur Tengah.

”Dan satu-satunya cara terbaik untuk mengakhiri krisis akut pangan dan energi adalah Rusia mengakhiri perang yang tidak masuk akal ini dan menghormati piagam PBB. ,” tandas Michel.

Eropa, kata Michel, bekerja untuk membantu Ukraina, pengekspor makanan besar sebelum terjadinya perang. Juga meningkatkan pengirimannya, dan mencoba mengatasi gangguan pasokan pupuk dan kenaikan harga.

Sanksi UE terhadap Rusia, katanya, tidak menyasar produk pertanian, meski Rusia telah memberlakukan pembatasan pada produk makanan dan pupuknya sendiri.

“Ini bukan pertempuran (dari) Rusia melawan bagian Barat dunia. Ini adalah pertempuran untuk piagam PBB. Pertempuran untuk hukum internasional,”tegasnya.

”Ini adalah pertempuran gagasan. Ini tidak dapat diterima untuk mencoba mengubah dengan paksa perbatasan yang diakui secara internasional,” pungkas Michel.

Selain itu, Michel mengatakan dia tidak punya rencana bertemu Menteri Luar Negeri  Rusia Sergey Lavrov yang hadir mewakili Presiden Vladimir Putin di KTT G20 Bali.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...