Perayaan Jumat Agung di Vatikan Tanpa Paus Fransiskus

Forumterkininews.id, Vatikan- Paus Fransiskus yang baru-baru ini dirawat karena bronkitis, dikonfirmasi tidak akan pergi ke Colosseum untuk prosesi Jalan Salib Jumat Agung.

Melansir CBC, Sabtu (8/4), Paus akan menyaksikan prosesi Jumat Agung  dari kediamannya di Vatikan karena suhu malam hari yang sangat dingin di Roma.

“Karena cuaca yang sangat dingin akhir-akhir ini, Paus Fransiskus akan mengikuti Jalan Salib malam ini dari [the] hotel Santa Marta, bersatu dalam doa dengan mereka yang akan berkumpul dengan Keuskupan Roma di Colosseum,” ujar Vatikan dalam pernyataan singkat.

Baca Juga: Kondisi Paus Fransiskus Membaik usai Dirawat Semalam di RS

Prosesi tersebut biasanya menarik puluhan ribu peziarah, turis, dan penduduk Roma. Mereka bergiliran memikul salib ringan saat meditasi dan doa dibacakan.

Paus biasanya menyaksikan prosesi dari tanjakan yang menghadap ke Colosseum, dan mengakhiri acara dengan sambutan dan pemberkatan.

Paus juga dijadwalkan untuk memimpin misa Paskah pada Sabtu malam di basilika. Pada hari Minggu, dia dijadwalkan berada di Lapangan Santo Petrus untuk misa tengah pagi.

Ia diperkirakan akan menyampaikan pidato panjang yang mengulas perang dan konflik lainnya di dunia, yang dikenal dengan nama latinnya, Urbi et Orbi .

Baca Juga: Alami Infeksi Pernapasan, Paus Fransiskus Dilarikan ke RS

Sebelumnya, Paus berusia 86 tahun itu keluar dari rumah sakit Roma pada 1 April setelah menghabiskan tiga hari di sana untuk menerima pengobatan antibiotik untuk bronkitis.

Vatikan mengatakan saat itu ia akan melaksanakan jadwal lengkap Pekan Suci, termasuk prosesi Jalan Salib dan misa di Lapangan Santo Petrus pada Minggu Paskah.

Pada Kamis Putih, dia memimpin misa hampir dua jam di Basilika Santo Petrus dan kemudian pergi ke penjara remaja Roma, di mana dia mencuci dan mengeringkan kaki pulusan penghuni dalam sebuah ritual yang melambangkan kerendahan hati dan mengingat Yesus melakukan gerakan yang sama.

BACA JUGA:   Ejek Pejabat Pemerintah, Dua TikToker Nigeria Dihukum Cambuk

 

Artikel Terkait