Perbatasan Afghanistan-Pakistan Ditutup, Warga Dengar Suara Tembakan

Forumterkininews.id, Kabul – Penyeberangan perbatasan utama antara Afghanistan dan Pakistan ditutup pada hari Senin, (20/2). Sebelum dilakukan penutupan, penduduk di daerah tersebut melaporkan suara tembakan di dekat titik transit perbatasan yang biasanya ramai.

Melansir Reuters, belum jelas apakah pihak berwenang Afghanistan atau Pakistan menutup perbatasan Torkham, dekat Celah Khyber. Tetapi itu terjadi setelah hubungan antara Taliban yang berkuasa di Afghanistan dan Pakistan kian memburuk.

“Perbatasan ditutup, kami akan membagikan detailnya nanti,” kata juru bicara kepolisian pemerintahan Taliban di provinsi Nangahar, Afghanistan timur.

Juru bicara militer, polisi dan pemerintah Pakistan tidak segera tersedia untuk dimintai komentar, tetapi dua pejabat keamanan Pakistan di wilayah itu mengkonfirmasi bahwa perbatasan telah ditutup dan beberapa tembakan telah terjadi.

Diketahui, sengketa terkait dengan perbatasan sepanjang 2.600 km (1.615 mil) telah menjadi rebutan antara tetangga selama beberapa dekade.

Titik perbatasan Torkham adalah titik transit utama bagi para pelancong dan barang antara Pakistan dan Afghanistan yang terkurung daratan.

Bentrokan di perbatasan telah terjadi selama bertahun-tahun, selama dua dekade pemerintahan Afghanistan yang didukung AS dan sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 2021.

Bentrokan antara pasukan keamanan Afghanistan dan Pakistan juga terkadang menutup perlintasan terpenting kedua antara kedua negara, di Chaman di selatan.

Artikel Terkait