Perbatasan Pakistan dan Afghanistan Ditutup, Ribuan Kendaraan Antre Nyebrang

Forumterkininews.id, Peshawar- Penyeberangan perbatasan utama antara Pakistan dan Afghanistan tetap ditutup untuk hari ketiga. Dengan ribuan kendaraan barang macet dan bisnis menghadapi kerugian saat pejabat dari kedua belah pihak mencoba menengahi solusi.

Otoritas Taliban pada hari Minggu menutup Torkham, titik transit utama bagi para pelancong dan barang antara Pakistan dan Afghanistan yang terkurung daratan.

“Penutupan penyeberangan perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan telah menyebabkan kerugian bagi para pedagang kedua negara. Ada antrian panjang truk-truk besar yang terdampar di kedua sisi perbatasan,” kata Zia-ul-Haq Sarhadi, DirekturKamar Dagang dan Industri Gabungan Afghanistan.

Dia mengatakan hingga 6.000 truk bermuatan barag telah tertahan di kedua sisi sejak Minggu.

Alasan penutupan tidak sepenuhnya jelas, meskipun para pejabat di kedua belah pihak mengatakan mereka sedang berdiskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Seorang pejabat provinsi Taliban mengatakan kepada Reuters pada hari Senin bahwa Pakistan tidak memenuhi komitmennya untuk mengizinkan transit, para pelancong dan orang sakit yang mencari pengobatan untuk menyeberang.

Pemerintah Pakistan belum berkomentar secara terbuka tentang masalah ini. Seorang sumber resmi Pakistan mengatakan mereka belum diberi tahu alasan menjelang penutupan tersebut.

Penduduk telah melaporkan tembakan senjata berat pada Senin pagi di dekat perbatasan Torkham. Tetapi pejabat Taliban membantah adanya bentrokan dan mengatakan situasinya terkendali.

Sengketa terkait dengan perbatasan sepanjang 2.600 km (1.615 mil) juga telah menjadi rebutan antara dua negara selama beberapa dekade.

Artikel Terkait