Peringati Hari Lahir Pancasila, 5.500 Pelari Ikuti Lomba Maraton

Forumterkininews, Makassar – Sebanyak 5.500 pelari di Makassar mengikuti perlombaan lari maraton dalam ajang Kapolrestabes Makassar Cup 2022. Perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Makassar, Rabu, (1/6).

Selain lari maraton, Hari Lahir Pancasila juga diperingati dengan berbagai kegiatan. Seperti lomba hias sepeda, lomba orasi dan debat, hingga pameran UMKM.

Kapolrestabes Kota Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto mengatakan, kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya untuk membudayakan pola hidup sehat. Salah satunya dengan cabang olahraga yang terbilang murah, yakni lari maraton.

Siapa saja dan berasal dari kalangan mana saja dapat mengikuti cabang olahraga ini. Tak hanya kegiatan lari dan pawai sepeda. Lomba orasi ilmiah dan perlombaan debat dengan tema Mempertahankan Pancasila Sebagai Ideologi Negara di era 5G juga digelar.

“Terima kasih atas antusias masyarakat Kota Makassar mengikuti Kapolrestabes Makassar Cup. Terhitung 5.500 peserta mengikuti lari maraton. Lomba debat dan orasi mahasiswa juga mendapat respon baik,” ujarnya.

Menurut dia, hampir seluruh universitas di Kota Makassar ikut serta meramaikan lomba orasi dan debat ini. Aspirasi dan inovasi mahasiswa dapat dirangkum dengan baik di perlombaan ini.

“Kami berharap ke depannya aspirasi ini dapat terus disampaikan melalui ajang perlombaan orasi dan debat,” katanya.

Wali Kota Makassar

Danny Pomanto selaku Wali Kota Makassar yang hadir menyebut, Kapolrestabes Makassar Cup merupakan giat luar biasa dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Paling menarik baginya adalah keterlibatan masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak pelajar, mahasiswa, dan umum. Itu diartikan bahwa semangat lahir Pancasila hari ini menjadi momentum olahraga bersama demi Makassar sehat.

“Kegiatan ini menandakan bahwa Makassar siap pulih dan mengisi hari kelahiran Pancasila dengan kekompakan persatuan dari berbagai pihak,” katanya.

BACA JUGA:   The Westin Resort Nusa Dua Bali jadi Pusat Media Center KTT G20

Kegiatan lari terdiri dari tiga kelas, yakni kelas pelajar, mahasiswa, dan umum. Sedangkan pawai sepeda hias terbuka untuk umum.

Peserta lainnya juga berhasil mendapatkan beragam hadiah menarik, diantaranya doorprize berupa barang elektronik dengan total senilai puluhan jutaan rupiah. Kalla Toyota Kapolrestabes Makassar Cup ini juga didukung oleh Astra Credit Company (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Toyota Trust, Asuransi Ramayana, Sei Timor, dan Benelli.

Kegiatan ini sukses digelar dengan melibatkan berbagai pihak, dengan inisiator Kapolrestabes Makassar, dibantu oleh Dandim, dan didukung oleh Kalla Toyota serta Pemerintah Kota Makassar.

Artikel Terkait