Permohonan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Telah Disetujui dan Disahkan DPR RI

FT News – Permohonan naturalisasi dua pemain Timnas Indonesia yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah disetujui dan disahkan dalam rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (19/9/2024).

Seluruh peserta rapat Paripurna di DPR RI yang dipimpin Lodewijk Freidrich Paulus menyetujui naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

“Kami umumkan bahwa sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat badan musyawarah antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi pada 12 September 2024, memutuskan menugaskan Komisi III dan X,” kata Lodewijk Freidrich Paulus dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat (20/9/2024).

Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (19/9/2024) membahas soal naturalisasi. (Dok PSSI)

“Hasil pembahasan diputuskan dalam Rapat Paripurna sesuai dengan pembahasan Komisi III dan X yang memutuskan menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.”lanjutnya.

Lodewijk Freidrich Paulus melanjutkan, setelah persetujuan diberikan, selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPR RI yang telah mengesahkan permohonan naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

“Kami ucapkan terimakasih kepada DPR RI yang hari ini melalui Rapat Paripurna telah mengesahkan permohonan naturalisasi untuk Mess Hilgers dan Eliano Reijnders. Semoga dalam waktu dekat mereka bisa debut bersama timnas Indonesia,” kata Arya Sinulingga.

 

Setelah disetujui, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal menunggu terbitnya Keppres (keputusan presiden) dari Presiden Jokowi. Serta dilanjutkan dengan pengambilan sumoah.

Susunan starter Timnas Indonesia kontra Australia, Selasa (10/9). Foto: AFC

Selanjutnya, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan melantik Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, pada 23 September mendatang.

Mess Hilgers saat ini bermain di FC Twente, Belanda dan kelahiran 13 Mei 2001, sedangkan Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, Belanda, serta kelahiran 23 Oktober 2000. Keduanya tengah diupayakan untuk segera menyandang status sebagai warga Negara Indonesia agar dapat memperkuat skuad Timnas Indonesia secepatnya.

BACA JUGA:   Kalah dari Prancis Pemain Lebanon Kecewa

Timnas Indonesia dalam waktu dekat akan menjalani dua pertandingan lanjutan Ronde Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang. Skuad Garuda akan bertandang ke Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober).

Artikel Terkait