Pertama di Dunia, Pria Ini Jalani Transplantasi Jantung Babi

Forumterkininews.id, California – Seorang pria AS telah menjadi manusia pertama di dunia yang mendapatkan transplantasi jantung dari babi. Jantung babi ibi dimodifikasi secara genetik.

Babi yang digunakan dalam transplantasi telah dimodifikasi secara genetik untuk melumpuhkan beberapa gen yang menyebabkan organ tersebut ditolak oleh tubuh Bennett.

Melansir BBC, Selasa (11/1), pria bernama David Bennett, 57 itu terlihat baik-baik saja usai tiga hari yang lalu menjalani prosedur operasi jantung. Dimana proses operasi memakan waktu selama tujuh jam di sebuah rumah sakit di Baltimore, Maryland, AS.

Transplantasi itu dianggap sebagai harapan terakhir untuk menyelamatkan hidup Bennett. Meskip belum jelas apa peluang jangka panjangnya untuk bertahan hidup. “Pilihannya mati atau melakukan transplantasi ini. Saya tahu ini adalah bidikan dalam kegelapan, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya,” kata Bennett sehari sebelum operasi.

Dokter di Pusat Medis Universitas Maryland diberikan dispensasi khusus oleh regulator medis AS untuk melakukan prosedur tersebut. Dengan dasar Bennett akan meninggal jika tidak berhasil.

Dia dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi manusia, keputusan yang sering diambil oleh dokter ketika pasien dalam kesehatan yang sangat buruk.

Bagi tim medis yang melakukan transplantasi, ini menandai puncak dari penelitian bertahun-tahun dan dapat mengubah kehidupan di seluruh dunia.

Ahli bedah Bartley Griffith mengatakan operasi itu akan membawa dunia satu langkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ.

Bennett berharap transplantasi akan memungkinkan dia untuk melanjutkan hidupnya. Dia terbaring di tempat tidur selama enam minggu menjelang operasi, dan melekat pada mesin yang membuatnya tetap hidup setelah didiagnosis penyakit jantung terminal.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...