Pertama di Jakarta, SMKN 57 Raih Predikat WBK dari Kemenpan RB

Forumterkininews.id, Jakarta – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 57 Jakarta meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementrian PANRB. SMKN 57 menjadi sekolah pertama di Provinsi DKI Jakarta yang meraih predikat tersebut.

Kepala Sekolah SMKN 57 Eti Suyanti mengatakan, sekolah ini mendapatkan predikat WBK tersebut atas dari penilaian, penglihatan dan lainnya.

“Tahun ini yang mengikuti WBK tersebut sekitar ada 4000 di seluruh Indonesia. Bukan hanya dari pihak sekolahan saja, termasuk Lembaga maupun Kementrian,” ujarnya saat di wawancara Forumterkininews.id, Rabu (12/1)

Sebelum masuk, lanjut kata dia, level ini harus jelas iklim organisasinya seperti kegiatan layanannya itu semuanya sudah dibuat budanya, semenjak menangani sekolah ini dari tahun 2017 lalu.

“Dikarenakan saya memposisikan seperti ibunya, sehingga siswa merasa nyaman berada di sekolah. Kalau suasananya sudah nyaman guru-guru dan lainnya bisa berkerja dengan tenang,” ujarnya.

Siswa sekolah SMKN 57 saat mengikuti program informatika di Ruang Lab Komputer, SMKN 57 Jakarta. Foto:Agung Nugroho

Dikatakan Eti, suasana nyaman pihaknyapun melayani masyarakat bisa maksimal. Inilah yang dinamakan pelayanan masyarakat, dan prosesnya wbk itu berjalan smooth karena memang sudah setting di awal kepada guru-guru bahwa ini adalah rumah kedua.

Sebelum mendapatkan predikat wbk itu sekolah ini sudah mendapatkan bermacam prestasi dari luar Jakarta. Baik melalui perlombaan, maupun melalui penilaian.

Bahkan beberapa sekolah di luar Jakarta melakukan studi banding di SMKN 57. Diantaranya Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Aceh, dan Papua itu adalah sekolah yang studi banding dengan sekolahan ini.

Tidak hanya pihak sekolah saja, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Wakil Gubernur pun pernah mengunjungi sekolah yang berada di Jalan Margasatwa.

“Dari pelayanan itu bisa dibaca, karena kondisinya kondusif, prestasi siswanya, gurunya, dan sekolahannya meningkat. Adanya prestasi tersebut di tahun 2021 pihak sekolah ikut mewakili pihak Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk WBK dan rekaman yang begitu panjang di apresiasikan Kementrian PANRB masuk wilayah bebas dari korupsi,” tandasnya.

Artikel Terkait