Pesawatnya Dilaser China, Australia Ngamuk

Forumterkininews.id, Melbourne – Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengecam penggunaan laser oleh China terhadap salah satu pesawat pengintainya.
“Saya tidak bisa melihatnya selain tindakan intimidasi, tindakan yang tidak beralasan, tidak beralasan dan Australia tidak akan pernah menerima tindakan intimidasi seperti itu,” kata Morrison, dikutip IndianExpress, Senin (21/2).
Menurutnya, laser memiliki potensi untuk menonaktifkan pesawat dan menempatkan mereka di dalam bahaya. Morrison menambahkan bahwa masalah tersebut telah diangkat melalui saluran diplomatik dan pertahanan yang sesuai.
Selain itu, Angkatan Pertahanan Australia (ADF) mengkonfirmasi insiden itu terjadi pada Sabtu (19/2). Dikatakan sebuah pesawat patroli maritim P-8A Poseidon diterangi oleh laser Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yang berpotensi membahayakan nyawa.
Diketahui pada saat kejadian kapal angkatan laut China yang sedang melakukan perjalanan bersama kapal angkatan laut China lainnya di lepas pantai Australia utara di zona ekonomi eksklusif negara itu Kamis lalu.
Lebih lanjut Morrison mengutip penandatanganan pakta pertahanan negaranya baru-baru ini dengan AS dan Inggris, yang dijuluki AUKUS. Morrison mengatakan pemerintahnya akan menuntut jawaban dari Beijing terkait insiden itu.
Kementerian Pertahanan Australia juga angkat bicara terkait hal itu. Menurut mereka, kapal-kapal China sedang menuju ke timur melalui Laut Arafura pada saat itu.

Artikel Terkait