Usai Viral Kritik PSSI, Peter Gontha Tutup Kolom Komentar

FT News – Mantan Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha mengaku miris melihat kondisi Timnas Indonesia yang menurutnya banyak pemain naturalisasi.

Lewat postingan di akun Instagram miliknya, Peter Gontha menyampaikan pernyataan menohok terkait dengan kondisi Timnas Indonesia saat ini.

“Saya sungguh Galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko ini, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya,” tulisnya di akun media sosial Instagram, Kamis (12/9/2024).

Peter Gontha lalu melontarkan pernyataan kritis terhadap PSSI terkait dengan banyaknya pemain naturalisasi.

1. Apakah anda cinta PSSI? (saya cinta)
2. Apakah anda cinta bangsa? (saya cinta)
3. Apakah anda tidak malu lihat PSSI 9 pemainnya adalah bangsa asing yang dinaturalisasi? (Saya malu).
4. Apakah kita bangsa besar? (saya rasa demikian)
5. Apakah anda tau bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tau),” tulisnya.

6. Apakah mereka mau membuang tunjangan sosial mereka dinegara nya begitu saja? (saya rasa tidak).
7. Apakah menurut anda tidak lebih baik membina pemain kita dari muda (SD s/d Dewasa)? (saya rasa demikian)
8. Apakah tidak lebih baik kalah dengan terhormat dari pada Menang atau seri dengan cara yang merendahkan martabat bangsa? (saya malu),” sambungnya.

Lebih lanjut Peter Gontha juga mengungkapkan rasa marahnya terhadap dunia sepakbola Tanah Air yang menurutnya palsu.

Saya marah karena di ejek oleh seorang teman asing saya, yang saya usir dari kantor saya karena mencemoohkan PSSI!,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Donald Trump Ditembak, Joe Biden Positif Covid-19: Bagaimana Nasib Pilpres AS?

Semoga saya mendapat tanggapan yang baik, tidak emisional, marilah kita tidak dibohongi atau Membohongi diri kita sendiri dengan keadaan persepakbolaan kita yang palsu,” tambahnya.

Di akhir postingannya, Peter Gontha juga berharap agar kiranya pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, dapat menghilangkan kepalsuan ini.

Salam, Merdeka. Semoga pemerintahan pak Prabowo dapat menghilangkan kebohongan dan kepalsuan ini!!!” tukasnya.

Tangkapan layar postingan Peter Gontha. Ist

Usai postingannya yang mengkritik Timnas Indonesia menjadi viral, Peter Gontha langsung menutup kolom komentar di akun Instagram miliknya.

Timnas Tampil Baik 

Performa Timnas Indonesia saat ini sedang mendapat apresiasi karena kembali meraup 1 poin saat berhadapan dengan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (10/9/2024), dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ragnas Oeratmangoen berebut bola dengan pemain Timnas Australia pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (10/9/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (Dok. PSSI)

Dalam laga yang berlangsung selama 2×45 menit skor tak berubah tetap 0-0. Hasil ini membuat Skuad Garuda berada di peringkat ke-empat klasemen sementara grup C, dengan koleksi 2 poin.

Sementara, tim berjuluk Socceroos ini berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan mengkoleksi satu poin saja.

Dalam laga ini, kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes jadi pemain terbaik setelah lebih dari 5 kali melakukan penyelamatan gemilang.

“Ini juga berkah dari semua yang ada di tim dan 70 ribu orang yang di sini yang mendukung kita, terimakasih telah datang,” kata Kapten Timnas Indonesia Rizky Ridho.

Usai menghadapi Australia, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Bahrain pada 10 Oktober 2024.

“Mungkin kita evaluasi apa kekurangan kita dan akan lihat untuk laga-laga selanjutnya,” tukasnya.

Artikel Terkait