Piala Dunia U-17 2023: Empat Stadion Bersolek

Forumterkininews.id, Jakarta – Indonesia akan menggelar ajang besar Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Berbagai kesiapan sudah dilakukan untuk menunjang pertandingan tersebut. Termasuk juga empat stadion bersolek.

Empat Stadion besar Indonesia terpilih menjadi tempat pertandingan sepak bola dunia tersebut. Mulai dari, Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung) dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion yang terletak di daerah Benowo, Pakal, Surabaya, Jawa Timur tersebut bisa menampung sekitar 46.000 penonton. Gelora Bung Tomo, juga sudah melakukan perbaikan seperti lahan parkir, ruang VIP, tribun disabilitas serta penambahan daya listrik.

Pemerintah Kota Surabaya juga sudah melakukan penambahan keamanan dengan memasang sebanyak 123 CCTV pada setiap sudut stadion. CCTV tersebut juga memiliki kemampuan 360 derajat penglihatannya.

Lalu, Dinas Perhubungan Surabaya juga sudah menyiapkan 110 shuttle bus, yang berguna sebagai alat transportasi para penonton yang akan mendatangi kandang Persebaya tersebut.

Para penumpang shuttle bus juga tidak perlu merogoh kocek, karena dinas setempat membebaskan biaya selama ajang Piala Dunia berlangsung.

Stadion yang berdiri dari tahun 2010 tersebut menjadi tempat pembukaan Piala Dunia U-17 mendatang, sekaligus pertandingan antara Indonesia melawan Ekuador pada Jumat (10/11).

Stadion Manahan (Surakarta)

Stadion yang terletak di Jalan Adi Sucipto No 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, dapat menampung sekitar 20.000 penonton. Kandang klub Persis Surakarta tersebut juga menyediakan lahan parkir bagi para penontonnya sekitar 300 kendaraan roda empat dan 2.300 kendaraan roda dua.

Selain itu Manahan, memiliki beragam fasilitas olahraga, seperti area jogging track, lapangan tenis dan alat kebugaran.

BACA JUGA:   MU Menang, Ten Hag Puji Alejandro Garnacho

Setiap pintu masuk stadion juga sudah tersterilisasi dan dilengkapi barikade untuk pengecekan barang-barang para penonton.

Jakarta International Stadium (Jakarta)

Stadion yang usianya mendekati dua tahun ini menjadi sebagai salah satu tempat berlaganya pertandingan internasional tersebut. JIS dapat menampung sekitar 82.000 penonton dengan kemegahannya. Lahan parkirnya mampu menampung sekitar 1.200 kendaraan.

Fasilitas yang ada mulai dari tribun sebanyak tiga tingkat, lalu tribun khusus disabilitas dan ruangan VIP. Rumput lapangan yang memiliki kualitas terbaik yakni hibrida. Selain itu, ruangan ganti para pemain juga sudah modern.

Berbagai kegiatan juga sudah pernah diadakan di sini, seperti Perayaan ulang tahun Jakarta ke-495 tahun dan penampilan Dewa 19.

Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung)

Stadion terletak di Desa Kopo dan Desa Cibodas, Kutawaringin, Bandung ini dapat menampung sekitar 27.000 penonton.

Si Jalak Harupat memiliki 11 venue, lalu ruang ganti pemain, ruang doping hingga ruang konferensi pers yang lengkap.

Stadion Persikab Bandung ini juga sudah sering menjadi tempat kegiatan seperti penyisihan grup Asian Games 2018, Kualifikasi AFC 2015 dan PON XIX.

Jelang Piala Dunia U-17, penjualan tiket di stadion ini laku cepat. Sekitar 6.000 tiket sudah terbeli dan 1.000 pembeli tiket di antaranya merupakan penonton asal Jepang yang antusias hadir menyaksikan ajang besar tersebut.

Artikel Terkait