Piala Dunia U-17 di GBT Surabaya, Persebaya Harus Keluar Kandang

Forumterkininews.id, Jakarta – Persebaya Surabaya terpaksa tidak bisa menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Hal tersebut karena GBT akan menjadi tempat perhelatan Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat (10/11).

Sebelumnya Persebaya menjadi tuan rumah pertandingan BRI Liga 1 2023/24 lawan Persib Bandung pekan ke 15 (7/10) dan Bali United pekan ke 16 (20/10). Namun karena kandang tim Bajul Ijo menjadi tempat pesta sepak bola dunia, laga ini pun harus mencari alternatif stadion. 

Saat ini GBT tidak dipergunakan karena sedang dipersiapkan sebagai tempat pembukaan ajang sepak bola dunia pada 10 November mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persebaya Surabaya Ram Surahman akan mendiskusikan hal tersebut dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta klub yang terkait pada pertandingan tandang mereka.

Ram Surahman menjelaskan ingin memberikan opsi untuk mengubah status laga tandang lawannya menjadi laga kandang tim lawan tersebut.

“Kami akan melakukan diskusi dengan pihak LIB dan klub lawan untuk mengubah yang harusnya laga tandang bagi lawan akan dilakukan laga kandang di putaran pertama karena home base kita digunakan untuk Piala Dunia,” ungkapnya dalam Antara, Senin (25/9).

Opsi lain dari mantan Sekretaris Persebaya tersebut menggunakan Stadion Gelora Delta Sidoarjo atau Gelora Joko Samudro Gresik. Namun masih dalam perbincangan karena tempat tersebut juga menggelar Liga 2.

“Kami juga sedang mencoba komunikasi dengan kedua tim tersebut karena memang kedua tim ini juga berlaga di Liga 2,” jelasnya.

Sampai saat ini Surahman masih menunggu keputusan dari LIB mengenai laga tandang tim Bajul Ijo itu.

“Kami menunggu keputusan pasti dari LIB terkait permasalahan home base ini,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan akan menggelar meriah pembukaan dan menjalankan perhelatan Piala Dunia U-17 di Gelora Bung Tomo (GBT) pada 10 November mendatang.

Artikel Terkait