Polda Metro Surati Dewas KPK, Minta Supervisi Sidik Dugaan Pemerasan

Forumterkininews.id, Jakarta – Polda Metro Jaya menyurati Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Surat ini meminta supervisi penyidikan dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK ke eks Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL). Tepatnya dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian pada tahun 2021. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, surat tersebut Polda Metro layangkan pada 18 Oktober 2023.

Surat tersebut berisi pemberitahuan penanganan perkara dugaan pemerasan yang saat ini tim penyidik lakukan.

Ade menjelaskan, surat pertama berisi pemberitahuan perkara yang saat ini penyidik gabungan lakukan. Khususnya terkait dengan beberapa orang pegawai KPK yang telah penyidik mintai keterangan.

“Juga terkait dengan rencana pemanggilan maupun pemeriksaan terhadap pegawai KPK lainnya untuk kepentingan penyidikan,” kata Ade Safri, di Jakata, Kamis (19/10).

Lebih lanjut Ade mengungkapkan, surat tersebut juga pihaknya tujukan untuk mendorong pimpinan KPK menugaskan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi, Brigjen Didik Agung Widjanarko mengikuti proses penyidikan.

“Yang kedua, surat kepada Dewas KPK RI adalah meminta untuk mendorong pimpinan KPK RI menugaskan Deputi Koordinator Koordinasi dan Supervisi, Deputi Koorsum KPK RI melaksanakan supervisi penanganan perkara,” ungkap Ade Safri.

Sejumlah surat ini Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto tujukan kepada pimpinan KPK agar bisa segera terlaksana dan terealisasi.

“Surat ini dilayangkan dalam rangka transparansi penyelidikan yang saat ini kami lakukan,” ucap Ade Safri.

Sebelumnya, pada 11 Oktober 2023 penyidik telah mengirimkan surat Kapolda Metro Jaya kepada Pimpinan KPK. Isinya terkait permohonan supervisi penanganan perkara.

Artikel Terkait