Polisi Korsel Ungkap Penyebab Utama Tragedi Halloween

Forumterkininews.id, Seoul – Polisi Korea Selatan pada Jumat, (13/1) mengatakan kurangnya persiapan dan respon yang tidak memadai adalah penyebab utama dari tragedi mematikan Halloween di Itaewon, Seoul tahun lalu.

Melansir Reuters, pernyataan tersebut sekaligus mengakhiri penyelidikan selama berbulan-bulan atas tragedi yang menewaskan 159 orang itu.

“Pihak berwenang, termasuk polisi, tidak menyusun langkah-langkah keamanan meskipun kerumunan padat membuat kecelakaan, dan tidak mengambil langkah yang tepat setelah panggilan untuk penyelamatan mulai masuk,” kata Polisi Sohn Je-han, yang memimpin penyelidikan.

Baca Juga : Wajib Baca! Sederet Fakta Tragedi Halloween Itaewon

Ia menambahkan bahwa pihak terkait salah menilai situasi, keterlambatan dalam berbagi informasi dan kurangnya kerjasama antara lembaga terkait menyebabkan banyak korban.

Tim investigasi telah merujuk 23 orang, termasuk kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, ke kejaksaan.

Keluarga yang berduka dan anggota parlemen oposisi mengkritik penyelidikan polisi karena gagal meminta pertanggungjawaban pejabat tinggi.

“Kami memiliki begitu banyak pertanyaan yang belum terjawab,” kata Lee Jong-chul, ketua kelompok yang mewakili keluarga yang ditinggalkan, kepada wartawan saat ia tiba di kantor kejaksaan di Seoul.

“Kami datang ke sini untuk memberikan pernyataan korban, mengharapkan penyelidikan yang lebih baik dan diperluas,” tambahnya.

Artikel Terkait