Polisi: Pengamanan Laga PSIS vs Persis Solo Libatkan Panpel 

Forumterkininews.id, Semarang – Polisi menyebut bahwa pengamanan laga tandang antara PSIS vs Persis Solo mengaku telah melibatkan panitia pelaksana (panpel).

Sebab, dikatakan Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, bahwa persiapan pengamanan pertandingan itu sudah digelar sepekan sebelumnya, pada saat dilakukan rapat dengan panitia pelaksana (Panpel) pertandingan pada Jumat (10/2/2023) di Polrestabes Semarang.

Pada Selasa (15/2/203), kata Iqbal, panpel pertandingan mengundang seluruh instansi yang terlibat pelaksanaan pertandingan, sekaligus menyatakan belum ada tiket terjual sebelum ada rekomendasi dari Polrestabes Semarang.

Selanjutnya, Iqbal mengaku bahwa Polrestabes Semarang kemudian mengeluarkan rekomendasi pertandingan PSIS VS Persis Solo boleh digelar dengan syarat tanpa penonton.

“Rekomendasi diambil setelah dilakukan rapat dengan panpel dan yang terkait lainnya, termasuk pertimbangan-pertimbangan lain khususnya faktor keamanan,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/2).

Sehari sebelum pertandingan digelar, lanjut dia, kembali dilakukan rapat kesiapan pengamanan dengan pihak kepolisian. Dalam rapat tersebut,  ada informasi bahwa sebagian tiket sudah terjual.

“Informasi ini dikonfirmasikan ke panpel terkait kebenarannya, dan mereka menyatakan belum menjual tiket. Namun masing-masing korlap sudah menerima list pemesanan,” ujar Iqbal.

Kendati demikian, Polda Jawa Tengah, sebut Iqbal, pihaknya menyatakan prihatin atas insiden tersebut.

“Kami berharap situasi serupa tidak terulang pada laga-laga mendatang yang digelar di seluruh stadion di Jawa Tengah,” ucap Iqbal.

Akibat kerusuhan tersebut, 1 truk Dalmas mengalami retak kaca, beberapa fasilitas umum rusak dan 7 polisi luka ringan, yang terdiri 4 personel Brimob, 2 Sabhara dan 1 Polwan.

Artikel Terkait