Polri Akhiri Rekayasa Lalin One Way Saat Arus Balik Lebaran, Kini Kembali Normal 

Forumterkininews.id, Jakarta – Pihak kepolisian mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap arus balik mudik 2022. Adapun kebijakan one way dimulai dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, kebijakan tersebut diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik mulai lancar.

“Kami laporkan kepada pimpinan, kami akan menutup penerapan ganjil-genap. Dimana kebijakan ini sudah diterapkan sejak tanggal 5 Mei,” kata Firman di KM 29 tol Jakarta-Cikampek, Senin (9/5) dini hari.

“Ini sekaligus menandakan jam 00.30 WIB Senin dini hari, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70,” sambung dia.

Dalam kesempatan ini, Firman juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama arus mudik dan balik. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Kesuksesan Operasi Ketupat 2022 Berkat Peran Aktif Masyarakat

“Sebagai indikator suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini,” ujarnya.

Menurut Firman, selama operasi ketupat 2022, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

“Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan,” tuturnya.

Sementara berdasarkan data, Firman menyebut, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik lebaran 2019 periode sebelum pandemik covid-19.

“Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan, operasi lancar bisa bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun. Dan semoga covid-nya juga tidak yang dibawa pulang ke Jakarta,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Rachel Vennya Bakal Diperiksa sebagai Saksi

Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, meminta jajaran Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, hingga Polda Metro Jaya bersiap untuk melakukan penormalan rekayasa lalu lintas arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya.

Eddy juga meminta jajaran yang bertugas untuk mempersiapkan normalisasi rekayasa lalin, seperti penggulungan traffic cone dan sebagainya.

Artikel Terkait