Prancis Terapkan Wajib Tes Covid-19 untuk Turis Asal China

Forumterkininews.id, Paris –  Pihak berwenang Prancis pada Minggu (1/1) mulai melakukan tes Covid-19 wajib bagi penumpang yang datang dari China untuk melacak potensi varian virus menular itu.

“Kontrol saat kedatangan ini bukan kontrol untuk mencegah warga memasuki wilayah kami, tetapi kontrol yang lebih ilmiah yang memungkinkan kami dengan sangat tepat memeriksa varian yang berbeda,” kata Menteri Kesehatan Francois Braun di bandara Charles de Gaulle di utara Paris, dikutup CNA.

“Ini pada dasarnya adalah varian Omicron yang saat ini ada di China,” kata Braun lagi.

Ia menambahkan, mulai hari Minggu, pengunjung dari China harus memakai masker dan bersiap untuk mengikuti tes pada saat kedatangan, yang akan dilakukan secara acak.

Kemudian mulai hari Kamis, para pelancong juga harus menunjukkan tes PCR atau antigen negatif yang dilakukan kurang dari 48 jam sebelum penerbangan mereka.

Prancis bergabung dengan negara-negara lain termasuk Inggris, Italia, dan Amerika Serikat dalam menguji kedatangan dari China, empat minggu setelah Beijing membatalkan kebijakan penguncian dan pengujian massal “nol-COVD”.

Delegasi menteri Prancis untuk transportasi, Clement Beaune, mengatakan saat ini ada enam penerbangan ke Prancis per minggu dari China daratan dan empat dari Hong Kong.

Sebagian besar penumpang dari China ke Prancis hanya transit melalui Charles de Gaulle.

Dari 300 penumpang yang turun dari penerbangan ke ibu kota Prancis hari Minggu sekitar 60 memasuki negara itu, dan semuanya mengikuti tes PCR.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...