Presiden AS Ucapkan Selamat kepada Ferdinand Marcos Jr

Forumterkininews.id, Washington- Presiden Amerika Serikat Joe Biden menelepon Ferdinand Marcos Jr pada Kamis (12/5) untuk mengucapkan selamat atas kemenangan telaknya dalam pemilihan presiden Filipina.

Biden adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang mengakui kemenangan Marcos Jr, putra dari diktator terguling yang pencalonannya mengkhawatirkan aktivis hak asasi manusia dan kelompok pro-demokrasi. 

“Presiden Biden mengatakan kepadanya bahwa Washington menantikan untuk bekerja dengannya dan mengutip sejarah bersama dari sekutu perjanjian lama,” kata Duta Besar Filipina untuk AS, Jose Manuel Romualdez, mengutip AP.

Baca Juga : Pilpres Filipina, Anak Diktator Ferdinand Marcos di Atas Angin

Romualdez menambahkan, Marcos juga mengundang Biden untuk menghadiri pelantikannya pada 30 Juni mendatang. Namun Biden belum mengiyakan karena mungkin memiliki agenda mendesak di AS. Sehingga ia akan mengirim delegasi tingkat tinggi Amerika.

Marcos Jr mendeklarasikan kemenangannya pada Rabu, (11/5), dan menyebut pemilihannya adalah dorongan untuk demokrasi. Ia juga berjanji untuk mencari kesamaan di seluruh kesenjangan politik.

“Kepada dunia: Nilailah saya bukan dari nenek moyang saya, tapi dari tindakan saya,” kata Rodriguez mengutip perkataan Marcos Jr.

Marcos Jr memiliki lebih dari 31 juta suara dalam penghitungan tidak resmi dari Pilpres Filipina. Ia berkampanye dengan tema persatuan nasional yang samar-samar sambil menghindari isu-isu bergejolak.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...