Presiden China Ingatkan Potensi Perang Dingin Asia-Pasifik

Forumterkininews.id, Beijing-  Presiden China Xi Jinping memperingatkan agar tidak membiarkan ketegangan di kawasan Asia-Pasifik yang dapat menyebabkan potensi Perang Dingin.

Melansir AP,  Kamis (11/11), Xi menyampaikan pernyataan itu dalam video di pertemuan puncak tahunan forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik KTT CEO di APEC, yang diselenggarakan oleh Selandia Baru dalam format virtual.

Pernyataan itu datang beberapa minggu setelah AS, Inggris, dan Australia mengumumkan aliansi keamanan baru di kawasan yang akan melihat Australia membangun kapal selam nuklir.  China mengecam keras kesepakatan itu.

Dalam pidatonya, Xi mengatakan, upaya untuk menarik batas-batas di kawasan di sepanjang garis ideologis atau geopolitik akan gagal. “Kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh terulang kembali ke dalam konfrontasi dan perpecahan era Perang Dingin,” kata Xi.

Xi juga mengatakan, kawasan itu harus memastikan agar jalur pasokan tetap berfungsi dan terus meliberalisasi perdagangan dan investasi.

Menurutnya, tugas paling mendesak di kawasan ini adalah melakukan upaya habis-habisan untuk memerangi pandemi dan keluar dari bayang-bayangnya sesegera mungkin.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan wilayah lainnya dan telah bergerak untuk membangun kehadiran militer, membangun pulau-pulau di beberapa wilayah yang disengketakan karena menegaskan klaim bersejarahnya.

Artikel Terkait