Presiden Turkmenistan Mundur, Pilpres Digelar 12 Maret 2022

Forumterkininews.id, Ashgabat- Turkmenistan akan mengadakan pemilihan presiden pada 12 Maret mendatang, seorang pejabat Komisi Pemilihan Pusat mengatakan, Sabtu (12/2).

Jadwal pemilihan presiden muncul setelah Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov mengisyaratkan untuk mengundurkan diri.

Berdymukhamedov, 64, telah memimpin negara Asia Tengah yang kaya gas itu sejak 2006 dengan kekuatan besar dan tidak ada oposisi yang efektif.

Putranya yang berusia 40 tahun, Serdar, seorang wakil perdana menteri, dipandang sebagai calon pengganti yang paling cocok.

Berdymukhamedov, yang masa jabatannya saat ini akan berakhir pada 2024, juga merupakan perdana menteri bekas republik Uni Soviet dan ketua majelis tinggi parlemen.

Dalam pidatonya di majelis tinggi Jumat malam lalu, Berdymukhamedov mengatakan dia telah membuat keputusan sulit dan memutuskan bahwa sudah waktunya untuk memberi jalan kepada pemimpin muda dalam menjalankan muda.

Dikenal sebagai penggemar anjing lokal Alabai dan kuda Akhal-Teke ia juga sering disebut sebagai Arkadag (Pelindung) oleh media di bekas republik Soviet yang berbatasan dengan Afghanistan itu.

Artikel Terkait