Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Tutup Usia

Forumterkininews.id, Dubai – Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat (13/5). Zayed Al Nahyan wafat dalam usia 73 tahun.

“Kami di Kementerian Urusan Kepresidenan berduka untuk orang-orang UEA, negara-negara Arab dan Islam,” kata Kementerian Kepresidenan, dikutip CNA.

Atas kepergian sang Presiden, UEA akan menjalankan masa berkabung selama 40 hari. Masa berkabung dijalani dengan pengibaran bendera setengah tiang mulai dan menangguhkan pekerjaan di semua entitas sektor publik dan swasta selama tiga hari.

Selain itu, dibawah konstitusi UEA, wakil Presiden dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid al- Makhtoum, akan bertindak sebagai Presiden. Hal ini berlaku sampai dewan federal para penguasa tujuh emirat bertemu dalam waktu 30 hari. Hal ini dilakukan untuk memilih presiden baru.

Khalifa jarang terlihat di depan umum sejak menderita stroke pada tahun 2014. Saudara tirinya Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, yang dikenal sebagai MbZ, telah menjadi penguasa de facto UEA.

“UEA telah kehilangan putra dan pemimpinnya yang saleh dari ‘fase pemberdayaan’ dan penjaga perjalanannya yang diberkati,” kata MbZ di Twitter.

Artikel Terkait