Presiden Ukraina Undang Biden, Gedung Putih Ogah Respon

Forumterkininews.id, Kiev – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengundang Presiden AS Joe Biden untuk mengunjungi Ukraina dalam waktu dekat. Hal ini terkuak ketika mereka berbicara melalui sambungan telepon pada Minggu (13/2).

“Saya yakin kedatangan anda di Kiev sangat penting untuk menstabilkan situasi. Hal ini akan menjadi sinyal kuat dan berkontribusi pada de-eskalasi,” ujar Zelenskiy kepada Biden, dikutip kantor kepresidenan Ukraina via CNN, Senin (14/2).

Dalam panggilan telepon itu Zelenskiy mengatakan, Ukraina memahami ancaman yang dihadapinya dan siap menghadapi skenario apa pun. Dirinya juga berterima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungannya.

“Kami berharap antara lain membantu mencegah penyebaran suasana panik,” kata Zelenskiy.

Sementara itu, Gedung Putih enggan mengomentari undangan dari Ukraina tersebut.

CNN mengutip seorang pejabat Ukraina yang tidak disebutkan namanya mengatakan, tidak ada tanggapan positif dari Biden terhadap undangan itu.

Seperti diketahui, ketegangan telah meningkat selama berminggu-minggu karena penambahan pasukan Rusia di dekat Ukraina dan Washington mengatakan invasi bisa terjadi kapan saja.

Amerika sendiri telah meminta warganya yang tinggal di kawasan Ukraina dan Belarusia untuk segera meninggalkan kawasan tersebut.

“Warga AS yang berada di Ukraina harus berangkat sekarang menggunakan sarana komersial atau pribadi. Jika tetap berada di Ukraina, berhati-hatilah karena tidak ada yang mengetahui konsidisi lebih lanjut di negara tersebut,” tulis pernyataan kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Para pemimpin Barat telah menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan invasi Rusia ke Negara tetangga dan saingannya Ukraina. Rusia memang menginvasi Ukraina pada 2014, merebut wilayah Crimea dan membantu separatis di bagian timur negara itu.

 

Artikel Terkait