Pria India Dibui Gegara Biarkan Ternaknya Berkeliaran

Forumterkininews.id, Gujarat –  Pengadilan di negara bagian Gujarat, India barat, menjatuhkan hukuman penjara enam bulan kepada seorang pria karena membiarkan ternaknya tersesat di jalanan.

Prakash Jairam Desai, dinyatakan bersalah karena membiarkan ternaknya lepas dan membahayakan nyawa orang. Melansir BBC, pengadilan mengatakan hukuman itu dijatuhkan untuk menegakkan keadilan karena pelanggaran semacam itu terus meningkat.

Sementara itu, Gujarat adalah salah satu dari beberapa negara bagian di India yang menghadapi peningkatan masalah ternak liar di jalan-jalannya.

Pada 2017, Gujarat memperketat undang-undang perlindungan sapinya dengan memberi tahu bahwa mereka yang menyembelih sapi dapat dihukum seumur hidup.

Konsekuensi yang tidak diinginkan dari keputusan itu adalah sejumlah besar ternak berkeliaran di jalan-jalan. Hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas. Juga kadang menyerang orang atau mendarat di tempat penampungan ternak amal.

Dalam perintahnya, pengadilan mengatakan bahwa karena pemilik meninggalkan ternak liar di jalan, orang telah terbunuh dan menderita luka serius.

Diketahui, sapi adalah hewan suci bagi mayoritas masyarakat Hindu di India. Menyembelihnya adalah tindakan ilegal di 18 negara bagian, termasuk Gujarat.

Artikel Terkait