‘Psywar’ di Babak Penalti, Ernando Ari Jogeti Lawannya

FTNews – Penjaga gawang Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari, jogeti lawannya saat Indonesia dan Korea Selatan bertanding di babak penalti dalam pertandingan AFC U-23. Hal tersebut terjadi pada saat penendang terakhir dari Korea Selatan, Lee Kang Hee, gagal menendang masuk bolanya ke gawang Ernando.

Penyelamatan gemilang dari Ernando ini berhasil membawa Indonesia menuju babak semi-final. Di mana, Pratama Arhan pratama berhasil mengeksekusi tendangan penalti terakhir Tim Garuda ke gawang Korea Selatan dan memenangkan pertandingan ini.

Di balik jogetan Ernando, ternyata ada sebuah pemicunya. Tindakan ini dipercaya sebagai respons perayaan sebelumnya oleh pemain Korea Selatan. 

Hal ini berawal dari Arkhan Fikri, penendang penalti keenam dari Indonesia, gagal mengeksekusi bolanya. Para pemain Korea Selatan terlihat berselebrasi secara provokatif. Oleh karena itu, Ernando Ari jogeti lawannya saat ia berhasil menghalau penalti terakhir Korea Selatan.

Respon dari Ernando ini menjadi populer di media sosial. Banyak netizen Indonesia yang mengaitkan hal tersebut dengan ketangguhan mental dari para punggawa Timnas Indonesia U-23.

“Ernando mental baja,” tulis sebuah akun di X.

“Efek friendly match sama Argentina dan tukeran jersey sama Emi, sisa keringet Emi menyerap ke dalam darah Ernando,” ungkap akun bernama @wiz****.

Kemenangan yang Tidak Mudah

Ernando Ari dan kawan-kawannya berhasil membawa Indonesia menuju babak semi-final. Tak luput juga, jasa Shin Tae-yong yang berhasil mendorong Indonesia hingga dapat berada di titik ini.

Indonesia sempat unggul melalui sebuah gol hebat dari Rafael Struick pada menit ke-15. Namun, Indonesia harus kehilangan keunggulannya setelah Komang Teguh menyundul umpan lambung dari Korea Selatan ke gawang Ernando Ari di menit ke-45.

BACA JUGA:   Nasib "Garuda Nusantara" Lolos ke Semifinal Piala AFF 2023 Ditentukan Malam Ini

Akan tetapi, Rafael Struick berhasil membawa Indonesia unggul kembali dengan golnya di menit ke-45+7. Lalu, babak pertama ditutup dengan keunggulan Indonesia atas Korea Selatan dengan skor 2-1.

Namun, Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukannya kembali pada menit ke-84 sehingga skor menjadi 2-2. Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan pun lanjut hingga ke babak penalti.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...