Puluhan Orang Tewas Tertimbun Longsor di Kolombia

Forumterkininews.id, Bogota - Sedikitnya 34 orang tewas ketika bus yang mereka tumpangi tertimbun longsor di Kolombia barat laut pada Minggu (4/12).

Badan Nasional Bencana Kolombia (UNGRD) mengatakan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat, menghantam bus di jalan antara desa Pueblo Rico dan Santa Cecilia di provinsi Risaralda sekitar 230 km barat laut ibu kota Bogota.

Bus tersebut melakukan perjalanan dari Cali, kota terbesar ketiga di Kolombia, ke kotamadya Condoto, di provinsi Choco. Tim penyelamat  menggali lumpur untuk mencari korban selamat dan pihak berwenang mengatakan sembilan orang telah diselamatkan hidup-hidup.

Salah satunya adalah seorang gadis berusia 7 tahun yang ditemukan menempel pada almarhum ibunya, kata Gubernur Risaralda Victor Tamayo. Presiden Gustavo Petro menggambarkan insiden itu sebagai tragedi dalam pesan Twitter.

Solidaritas dengan keluarga korban, kata Petro, menjanjikan dukungan dari pemerintah nasional. Delapan dari korban adalah anak di bawah umur, kata UNGRD.

Tanah longsor biasa terjadi di Kolombia karena medan pegunungan, hujan lebat yang sering terjadi, dan pembangunan rumah yang tidak resmi.

Negara itu akan fokus pada reboisasi untuk menghindari tragedi lebih lanjut terkait tanah longsor di masa depan, kata Menteri Lingkungan Hidup Susana Muhamad dalam sebuah pesan di Twitter.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...