Puluhan Ribu Orang Antre Beri Penghormatan Terakhir ke Paus Benediktus

Forumterkininews.id, Jakarta- Puluhan ribu orang memberikan penghormatan pada Senin (2/1) kepada mantan Paus Benediktus XVI di Vatikan, di masa tiga hari terbaring di Basilika Santo Petrus sebelum pemakamannya.

Mereka mulai mengantri sebelum fajar untuk melihat jenazah teolog Jerman itu, yang dipindahkan pagi-pagi sekali dari biara di halaman Vatikan di mana dia meninggal pada hari Sabtu dalam usia 95 tahun.

“Saya tiba pada pukul 6 pagi, tampaknya normal untuk datang dan memberi penghormatan kepadanya setelah semua yang dia lakukan untuk gereja,” kata seorang biarawati Italia,  Anna-Maria, dikutip Reuters, Selasa (3/1).

Paus Benediktus memimpin Gereja Katolik selama delapan tahun hingga 2013 sebelum menjadi paus pertama dalam enam abad yang mundur, dengan alasan kesehatan yang menurun.

Penggantinya, Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pada hari Kamis di Lapangan Santo Petrus sebelum jenazah Benediktus ditempatkan di makam di bawah basilika.

Ia akan dimakamkan di makam yang menyimpan jenazah Paus Yohanes Paulus II hingga 2011, kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni, Senin.

Jenazah Benediktus, mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan mitra bertepi emas, dibaringkan di atas catafalque yang dibungkus kain emas di depan altar Santo Petrus, diapit oleh dua orang Garda Swiss.

Artikel Terkait