Putin Ancam Finlandia dan Swedia Pasca Keduanya Gabung NATO

Forumterkininews.id, Moskow-  Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan ancaman mengerikan setelah Swedia dan Finlandia menandatangani perjanjian untuk bergabung ke NATO.

Melansir Metro.co.uk, Putin juga telah memperingatkan bahwa Rusia akan menanggapi dalam bentuk nyata jika NATO membangun infrastruktur di Swedia dan Finlandia.

Putin menyebut dirinya tidak memiliki masalah khusus dengan Swedia dan Finlandia seperti halnya dengan Ukraina. Namun dia  dipaksa untuk menanggapi jika infrastruktur militer NATO dikerahkan di negara-negara Nordik.

Karena berbagi perbatasan panjang dengan Rusia, Finlandia sangat putus asa untuk menghindari permusuhan Moskow sementara juga bertindak sebagai perantara diplomatik yang berharga ketika pembicaraan dengan kekuatan Barat menjadi lebih buruk.

Tetapi invasi Putin ke Ukraina mendorong perubahan besar pendapat di kedua negara, yang militernya telah bekerja sama dengan pasukan NATO.

NATO secara resmi mengundang Finlandia dan Swedia untuk bergabung minggu ini, enam minggu setelah mereka memicu kemarahan Kremlin dengan mengajukan aplikasi pendaftaran.

Putin sebelumnya telah memperingatkan Finlandia dan Swedia bahwa mereka akan menghadapi ‘dampak militer dan politik yang serius’ jika mereka mengakhiri dekade netralitas dengan bergabung dengan blok tersebut.

 

Artikel Terkait