Putin ke Belarus, Ukraina Makin Ketar-ketir

Forumterkininews.id, Minsk – Presiden Rusia, Vladimir Putin bikin Ukraina semakin ketar-ketir. Pasalnya, Putin akan mengajak Belarus untuk bergabung dalam serangan darat baru ke Ukraina, Senin, (19/12).

Melansir Reuters, kunjungan Putin untuk berbicara dengan pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko akan menjadi yang pertama  sejak 2019.

“Selama (pembicaraan ini) pertanyaan akan diselesaikan untuk agresi lebih lanjut terhadap Ukraina. Dengan keterlibatan yang lebih luas dari angkatan bersenjata Belarusia dalam operasi melawan Ukraina,” ujar komandan pasukan gabungan Ukraina, Serhiy Nayev.

Selain itu, diduga ada aktivitas militer Rusia dan Belarusia yang konstan selama berbulan-bulan. Terlebih semenjak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari lalu.

Rusia dan Belarusia sejak itu membentuk unit pasukan regional gabungan di Belarusia dan mengadakan banyak latihan militer. Tiga pesawat tempur Rusia dan pesawat peringatan dini dan kontrol udara dikerahkan ke Belarusia minggu lalu.

Beberapa analis militer melihat manuver tersebut sebagai taktik untuk membuat Ukraina mengerahkan pasukan ke utara. Sehingga lebih rentan terhadap serangan Rusia di tempat lain. Tapi ada juga kesibukan politik.

Kunjungan Putin diumumkan pada hari Jumat setelah perjalanan kejutan 3 Desember ke Belarus oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, yang menandatangani perjanjian dengan menteri pertahanan Belarusia, yang rinciannya belum diungkapkan.

Artikel Terkait