R21/Matrix-M, Vaksin Rekomendasi WHO untuk Malaria

Forumterkininews.id, Jakarta - Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut vaksin kedua malaria yang bernama R21/Matrix-M sangat bagus untuk mencegah malaria pada anak-anak yang berisiko.

R21/Matrix-M adalah vaksin malaria yang telah mengalami perkembangan oleh Universitas Oxford di Inggris. WHO akan meluncurkan vaksin R21/Matrix-M pada awal tahun 2024 di Afrika. Baru pada pertengahan 2024, akan tersedia di negara lain.

Vaksin ini mengurangi kasus gejala malaria sebesar 75% dalam 12 bulan. Ini terungkap setelah melakukan rangkaian tiga dosis vaksin di daerah yang penularan malarianya musiman.

Serum Institute of India adalah produsen vaksin tersebut dengan penggunaan bahan pembantu Matrix M Novavax. Biaya vaksin ini seharga US$ 2 – US$ 4 per dosis.

Selain itu, vaksin R21/Matrix-M akan memberikan kemanjuran yang tinggi bila pasien meminumnya sebelum musim penularan tinggi. Keamanan vaksin R21/Matrix-M juga teruji klinis aman dan WHO akan terus melakukan pemantauan.

Secara model matematis vaksin R21/Matrix-M ini menunjukkan dampak kesehatan masyarakat yang tinggi di berbagai wilayah yang mengalami penularan malaria.

Selain vaksin malaria, WHO juga mengeluarkan rekomendasi untuk vaksin baru demam berdarah dan meningitis serta jadwal imunisasi dan rekomendasi produk untuk Covid-19.

Artikel Terkait