Raja Charles Resmi Dinobatkan jadi Raja Inggris

Forumterkininews.id, London- Raja Charles resmi dinobatkan sebagai raja baru Kerajaan Inggris, Sabtu (10/9) pukul 10.00 waktu London. Prosesi penobatan ini digelar di St. James Palace.

Melansir BBC, penobatan Charles sebagai raja dimulai dengan pengumuman resmi meninggalnya Ratu Elizabeth II. Dimana Lord President of the Council of the United Kingdom Penny dipercaya untuk membacakan berita duka tersebut.

Kemudian, setelah proklamasi dibacakan, dilanjutkan penandatanganan prokalamasi oleh Pangeran William. Hal ini disaksikan Perdana Menteri Inggris Liz Tuss dan Uskup Agung Justin Welby.

“Ibu saya memberikan contoh cinta seumur hidup dan pelayanan tanpa pamrih. Pemerintahan ibu saya tiada bandingnya dalam durasi, dedikasi dan pengabdiannya. Bahkan saat kami berduka, kami bersyukur atas kehidupan ini. Saya sangat menyadari warisan yang dalam dan tugas berat dan tanggung jawab yang sekarang diserahkan kepada saya,”kata Charles dalam pidato pertamanya sebagai Raja.

Raja Charles III kemudian mengambil sumpah dengan keamanan Gereja Skotlandia. Selanjutnya, raja menandatangani sumpah yang baru saja dia nyatakan di depan Dewan Penasihat.

Seusai deklarasi di depan Dewan Penasihat, Raja yang baru akan diumumkan di depan umum di balkon yang menghadap ke Friars Court.

Diketahui, penobatan Charles juga akan dibacakan di ibu kota Inggris lainnya. Seperti Edinburgh di Skotlandia, Belfast di Irlandia Utara, dan Cardiff di Wales.

Lantaran, Charles merupakan raja dan kepala negara Britania Raya dan 14 kerajaan lainnya. Termasuk Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru, dan Papua Nugini.

Artikel Terkait