Ranil Wickremesinghe Terpilih jadi Presiden Baru Sri Lanka

Forumterkininews.id, Kolombo – Mantan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, yang ditunjuk sebagai presiden sementara,  resmi menjadi presiden negara berikutnya hingga 2024.

Hasil penghitungan suara parlemen pada Rabu (20/7) menunjukkan Wickremesinghe mengumpulkan 134 suara. Pemilihan ini dilaksanakan untuk menggantikan Gotabaya Rajapaksa, presiden sebelumnya.

Lawan utama Wickremesinghe, Dullas Alahapperuma mendapat 82 suara dan Anura Dissanayake dari sayap kiri hanya tiga suara. Hasil ini memberinya mayoritas mutlak pada preferensi pertama.

“Perpecahan kami sekarang sudah berakhir. Negara kita menghadapi tantangan besar dan kita harus bekerja pada strategi baru untuk memenuhi aspirasi rakyat,” kata Wickremesinghe dalam pidato penerimaan singkat di parlemen, dikutip CNA.

Wickremesinghe mengatakan, dia berharap dilantik Rabu malam secara sederhana. Adapun lokasi pelantikan digelar di dalam gedung parlemen yang dijaga ketat.

Dengan diangkatnya pria berusia 73 tahun tersebut ke posisi puncak, kabinet saat ini secara otomatis bubar dan dia akan memilih perdana menteri untuk membentuk kabinet baru.

Wickremesinghe sendiri merupakan pengacara yang pernah menjabat sebagai perdana menteri Sri Lanka enam kali. Dirinya gagal mencalonkan diri sebagai presiden dua kali sebelumnya. Tetapi dia mendapatkan cukup suara di antara anggota parlemen meskipun hanya menguasai satu kursi – sebagai pemimpin Partai Persatuan Nasional.

Pengalamannya di posisi senior pemerintah, dan reputasi sebagai operator yang cerdik yang membuatnya mendapat julukan “rubah”, harus diperhitungkan.

Wickremesinghe juga baru-baru ini bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF), dan menjalin hubungan kerja dengan negara-negara donor utama termasuk India.

Artikel Terkait